Tantangan Yang Akan Dihadapi Oleh Web Developer Modern

Menjadi seorang web developer sama seperti menjadi seorang professional problem solver. Setiap hari Anda menghadapi kendala yang sangat berbeda dalam menjalani tugas Anda sehari-hari, dan tugas kita adalah menemukan teknik untuk menuntaskan masalah tersebut. Apakah Anda menyelesaikan permasalahan dengan sangat anggun atau selalu mampu perbaikan dengan cepat dan simpel tergantung pada ukuran masalah dan jumlah waktu Anda dalam memperbaikinya?

Saya akan menguraikan beberapa masalah dan kendala yang lebih konsisten yang dihadapi oleh web developer. Ingatlah bahwa setiap harinya akan hadir kendala yang berbeda!

Pengalaman user

Kadang-kadang disebut juga dengan User Journey, seorang web developer harus mengingat pengalaman selama siklus pengembangan. Ini biasanya berarti menciptakan produk tahap akhir (situs web) mempermudah ketika diuntukkan, sementara itu tetap powerful dan melalukan segala sesuatu yang diperlukan user. Terkadang terdapat kompromi antara manfaat dan fitur, dan biasanya berarti kita butuh memikirkan kembali bagaimana cara kita mendekati masalah.

Standar web terbaru

Web terus berubah, dan hal tersebut bagus sekali. Namun berarti Anda sebagai seorang web developer  Web harus tetap mengekor dan mengikuti dalam Standar Web, dan biasanya kita harus berada di depan kurva dan mengetahui hal apa yang akan terjadi. Misalnya, saya mengetahui spesifikasi baru untuk pembayaran web yang saat ini dalam konsep W3 Working Group Рyang menciptakan Standar Web.

Mengetahui kapan harus menguntukkan Standar Web

Kami tidak hanya memahami tentang Standar Web baru ini, namun kami pun harus tahu kapan menguntukkannya. Misalnya, ada teknik baru untuk memposisikan blok pada halaman yang memungkinkan untuk bekerja dengan lebih baik, Flexbox. Tetapi kami harus menantikan semua browser utama untuk mendukungnya sebelum kami bisa menguntukkannya di situs web kami.

Internet Explorer

Internet Explorer saat ini adalah salah satu kendala terbesar yang Anda hadapi sebagai seorang web developer. Kami secara ekstensif menguji masing-masing situs web yang kami tempatkan secara online terhadap masing-masing browser utama. Jadi susunan itu meliputi:

  • Chrome
  • Firefox
  • Opera
  • Safari
  • iOS Safari
  • Browser Android
  • Internet Explorer

Bahkan jika situs web bermanfaat dan tampak sempurna di masing-masing browser, Internet Explorer sering memperkenalkan aturan baru yang butuh ditangani. Misalnya, teknik kami menciptakan sudut bundar tidak didukung oleh Internet Explorer untuk waktu yang lama, jadi kami harus menemukan teknik kreatif untuk mengatasinya, atau hidup dengan fakta bahwa kami tidak akan memiliki sudut bulat di IE.

Tugas otomatis

Kami sering mengerjakan sedikit tugas yang berulang setiap hari. Ini bisa berkisar dari menyebarkan lingkungan pengembangan baru sampai menyusun stylesheet kami. Untungnya terdapat alat seperti grunt, gulp dan webpack yang melakukan banyak pekerjaan untuk kita. Kita selalu perlu mencatat tugas dalam bahasa yang dipahami, kemudian tegukan akan mengotomatiskannya untuk kita.

Contoh dari tugas yang baru-baru ini ditulis oleh salah satu developer kami, Chris, adalah sesuatu yang akan mengkompilasi CSS kami, mengecilkannya, mengkompilasi javascript kami, mencadangkan basis data, menabrak nomor versi dalam kode dan menciptakan yang baru ‘ rilis ‘di sistem kontrol versi kami. Setiap tahapan dalam susunan itu tidak memerlukan waktu lama, namun tugas ini membuatnya memerlukan waktu lebih singkat, dengan kata lain kami memiliki lebih banyak waktu untuk mencatat fitur baru atau mengawali projek baru.

Performa

Kinerja sama seperti halnya keuntukan, adalah sesuatu yang harus sering dikembangkan oleh web developer dalam siklus pengembangan. Setiap perbuatan yang kami kerjakan selama pengembangan berpotensi dominan pada kinerja website yang sudah selesai paling besar. Jika, dalam pengembangan, kami mengunggah gambar besar untuk diuji maka hal tersebut akan kembali menggigit kami di etape selanjutnya. Jika kami tidak mengelola aset kami dengan benar (javascript, css, gambar) sejak awal, maka akan semakin susah untuk mengoptimalkannya ketika kami bergerak maju.

Yang selalu kami inginkan ialah situs cepat tersorot yang terlihat spektakuler dan berkinerja luar biasa untuk user. Itulah trifecta pemenang penghargaan kinerja, manfaat dan desain yang kami perjuangkan dalam masing-masing projek tunggal yang datang melewati studio, dan itulah yang seringkali kami dapatkan jika kami sukses menyelesaikan seluruh masalah ini.

 

Author: Eli Carter