Perbedaan Antara Seorang Web Developer Dan Seorang Web Design

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa masih ada banyak kebingungan seputar peran pekerjaan ‘pengembang web’ dan ‘perancang web’.

Jika Anda berpikir untuk menjadi pengembang web, sulit mengetahui dari mana harus memulai. Untuk sedikit memperjelas, dalam artikel ini saya akan mendefinisikan setiap peran, melihat alat dan sumber daya yang diperlukan untuk masing-masing dan meruntuhkan tipe kepribadian yang cocok satu atau yang lain. Pada akhir posting ini Anda harus tahu tidak hanya perbedaan antara pengembang web dan perancang web (dan percayalah, ada perbedaan besar!) Tetapi pilihan karier mana yang tepat untuk Anda.

Mari mulai dengan membingkai perbandingan melalui sesuatu yang kita semua ketahui dengan membayangkan pengembang web dan desainer web berkumpul untuk membangun mobil.

Pengembang web akan bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai komponen seperti mesin, transmisi, roda, dll. Untuk membangun mobil yang berfungsi penuh yang bebas dari kesalahan dalam aspek teknisnya.

Seorang perancang web akan bertanggung jawab untuk desain estetika mobil (kenyamanan kursi, tata letak dasbor, dll) serta kenyamanan dalam berkendara dan mengendarai mobil.

Masuk akal, kan?

Sama seperti burung unta dan zebra berjalan bersama di alam untuk bertahan hidup, pengembang web dan desainer memiliki hubungan simbiotik dalam bekerja sama untuk menciptakan produk yang luar biasa. Dalam artikel ini, saya akan menguraikan dua pilihan karier ini dalam artikel yang dapat Anda baca sambil menikmati secangkir kopi.

Informasi Gaji

Pertanyaan besar: uang. Menurut PayScale.com, pembayaran tahunan median 2015 untuk pengembang web adalah $ 56K, sedangkan bayaran tahunan rata-rata untuk desainer web adalah sekitar $ 46K.

Robert Half Technology menawarkan pandangan yang lebih optimis, mengutip hasil survei 2014 untuk menentukan gaji tahunan $ 70-110.000 untuk pengembang web dan $ 60- $ 99.000 gaji tahunan untuk desainer web.

Namun, ini tergantung pada banyak variabel termasuk lokasi, pengalaman, keterampilan, dan bahkan mungkin apa yang Anda kenakan untuk wawancara kerja itu. Ketahuilah bahwa tidak ada perbedaan gaji antara dua karier web.

Alat-alat

Pengembang web bekerja dengan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan Javascript untuk membuat situs web dan aplikasi web. Mereka juga kemungkinan besar akan menggunakan bahasa lain untuk mengatur layanan email, otentikasi pengguna, basis data, dan aspek teknis lainnya dari situs web. Untuk melakukan ini, pengembang menggunakan perangkat lunak seperti editor teks, antarmuka baris perintah, dan kontrol versi untuk membangun informasi teknis (kode) yang akan menyajikan data.

Desainer web terutama tidak bertanggung jawab untuk mengetahui cara kerja kode – tetapi memastikannya secara estetis menyenangkan dan mudah digunakan bagi pengunjung situs web. Mereka akan menggunakan perangkat lunak desain grafis – termasuk produk seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Inkscape (alternatif yang sangat baik untuk Photoshop), dan GIMP. Pada akhirnya, mereka akan mendesain tata letak situs web melalui pembuatan prototipe dan wireframes. Desainer mengontrol aliran informasi dan bahkan dapat bertanggung jawab untuk analitik situs web.

Presentasi Portofolio

Portofolio sangat penting – apakah Anda seorang pengembang atau desainer. Tidak seperti penafian yang Anda lihat pada investasi saham Anda, kinerja masa lalu adalah indikator kinerja masa depan yang cukup baik. Pengembang dan perancang yang baik akan memamerkan keahlian dan pengalaman mereka untuk para pemberi kerja dan klien di masa mendatang, tetapi dapat menggunakan berbagai layanan untuk melakukan hal ini.

Pengembang akan sangat bergantung pada GitHub.com untuk menampilkan repositori mengagumkan dari pekerjaan pengkodean. Ini akan menunjukkan seberapa baik pengembang dapat mem-refactor dan abstrak kode mereka agar elegan dan dapat dibaca oleh pengembang lain. Layanan hosting situs web berbasis cloud seperti AWS (Amazon) dan Heroku.com dapat digunakan sewaktu-waktu untuk menampilkan situs web statis dan aplikasi web yang dibuat oleh pengembang.

Desainer memiliki pilihan sendiri untuk memamerkan kecerdikan mereka melalui situs web seperti Behance.com dan Dribble.com. Situs web ini menawarkan kemampuan untuk menyajikan keahlian desainer dalam skema warna, kemampuan desain grafis, dan kreativitas.

Bahkan lebih penting daripada memanfaatkan sumber daya ini adalah membuat situs portofolio pribadi yang dapat Anda tunjukkan dalam pekerjaan Anda. Dengan membuat situs web yang dipersonalisasi, Anda memiliki kontrol atas bagaimana informasi Anda disajikan dan diterima, tanpa mengundang gangguan yang muncul saat itu dengan menghosting konten Anda di situs web pihak ketiga. Namun demikian, jangan abaikan sumber daya lainnya dan pastikan mereka dimanfaatkan dalam beberapa kapasitas.

Otak Kanan Vs. Otak kiri

Ketika menggambar perbandingan antara pengembang dan desainer, perbandingan “berotak kanan” (imajinatif) vs “otak kiri” (logis) kadang-kadang dibuat.

Dikatakan bahwa orang yang berpikir lebih linear dan logis adalah otak kiri yang dominan dan akan menikmati dan menjadi lebih nyaman dengan pengembangan web, sementara orang yang menikmati kreativitas dan memiliki sifat artistik adalah otak kanan yang dominan dan akan berkembang dalam desain web.

Namun, ada penelitian yang dilakukan yang menunjukkan bahwa orang-orang tidak memiliki bagian dominan dari otak mereka – seperti yang dikatakan Neil deGrasse Tyson, “Jangan panggil saya kiri berotak, berotak kanan. Sebut saya manusia. ”Jangan berpikir bahwa Anda cenderung untuk melakukan yang lebih baik di satu bidang daripada yang lain – seorang seniman dapat menjadi mahir dalam pengembangan web karena seorang matematikawan dapat menjadi terampil dalam desain web. Ini segues sangat baik ke titik akhir saya.

Karir yang Cocok Untuk Anda?

Merujuk kembali ke contoh hubungan simbiosis saya, burung unta tidak bisa menjadi zebra sebanyak zebra bisa menjadi burung unta. Burung unta harus bergantung pada pendengaran zebra sebanyak zebra harus bergantung pada penglihatan burung unta. Namun, Anda beruntung, karena pengembang web dapat menjadi perancang web dan desainer dapat memilih untuk menjadi pengembang.

Di dunia nyata, Anda akan menemukan kedua pilihan karier yang mungkin mengharuskan Anda memiliki pengetahuan yang memadai dan kecakapan fungsional dari bidang lain. Pengembang yang berhasil akan tahu cara menggunakan skema warna dan tipografi dalam membuat wireframes dan tata letak, menghasilkan templat untuk membangun elemen dengan kode. Perancang yang berhasil akan memahami teknik dasar HTML, CSS, dan Javascript untuk memahami batasan teknis tata letak materi iklan dan spesifikasi pengalaman pengguna mereka.

Harus saya akui – saya memang mengikuti rute pengembangan web dengan track CareerFoundry dan itu adalah pengalaman luar biasa yang meletakkan dasar yang kuat bagi saya. Saya membangun situs web portofolio dan situs e-commerce dari nol – saya tidak tahu apa-apa tentang pengkodean atau pengembangan web sebelum saya mulai. Saya menikmati struktur kursus mereka, komunitas mentor dan siswa, dan mengalami begitu banyak sehingga saya juga ingin melalui program desain web mereka. Namun, saya tidak dibayar untuk merekomendasikan CareerFoundry dan ini bukan dukungan yang disembunyikan dalam penyamaran artikel untuk program mereka – saya sangat menyarankan untuk melakukan penelitian Anda sendiri sebelum mengambil keputusan.

Ingat saja, Anda tidak harus memilih menjadi burung unta atau zebra. Anda bisa menjadi keduanya – “ostribra” atau “zebrich.” Anda pilih.

Apa yang Harus Anda Lakukan Sekarang

  1. Jika Anda ingin intro langkah demi langkah untuk mengetahui apakah web dev cocok untuk Anda – daftar di sini untuk kursus web dev gratis 7 hari gratis.
  2. Jika Anda tertarik untuk menjadi Pengembang Web, periksa kursus pengembangan web kami (Anda akan mempelajari keterampilan penting yang dibutuhkan pengusaha).
  3. Jika Anda ingin berbicara dengan Penasihat Karir ahli secara gratis tentang bagaimana Anda benar-benar bisa mendapatkan pekerjaan baru di bidang teknologi – hubungkan dengan kami di sini.

Jika Anda menikmati artikel ini maka begitu juga teman-teman Anda, mengapa tidak membagikannya …

Author: Eli Carter