Berapa Banyak Pemrograman Yang Dilakukan Seorang Web Designer

Industri web design diisi dengan sekian banyak peran pekerjaan, tanggung jawab, dan jabatan. Sebagai orang luar yang mungkin hendak memulai dalam web design, ini dapat sangat membingungkan. Salah satu pertanyaan utama yang kerapkali saya dapatkan dari orang-orang yaitu mengenai perbedaan antara “web designer” dan “web developer”.

Pada kenyataannya, kedua istilah ini sering dipakai secara bergantian, dan perusahaan yang berbeda mengharapkan hal yang berbeda dari designer atau developer mereka. Ini membuatnya paling sulit untuk menjelaskkan terhadap seseorang apa yang dilakukan satu peran versus yang lain, atau berapa banyak pemrograman yang akan dilakukan oleh “web developer”.

Merinci beberapa tugas web profesional umum, kami rangkum antara lain:

  • Desain: Ini termasuk tampilan dan nuansa visual dan bahkan desain interaksi bagaimana halaman bakal bekerja.
  • Front-end Development: Membangun halaman web memakai HTML dan CSS dan bahkan beberapa Javascript. Banyak organisasi, desainer dan developer front-end merupakan satu dan sama, sementara di perusahaan lain mereka mempunyai tugas yang terpisah.
  • Memprogram:¬†Lebih mengenai pengkodean, termasuk fungsionalitas kustom dan integrasi.
  • Content: Penulis teks atau membuat gambar yang akan dipakai di website web.
  • Basis data: Termasuk bekerja dengan XML, administrasi basis data, dan menghubungkan website ke basis data.
  • Arsitektur informasi: Menyiapkan informatika di belakang website web, dan membuatnya lebih mudah dipakai dan dinavigasi.
  • Metrik: Menonton tampilan halaman dan pelacakan untuk memvalidasi kemanjuran karya desain web
  • Dan masih banyak lagi

Jika Anda hendak menjadi programmer atau developer web, bahasa seperti C ++, Perl, PHP, Java, ASP, .NET, atau JSP akan banyak ditampilkan dalam beban kerja harian Anda. Dalam banyak sekali kasus, desainer dan pengarang konten sama sekali tidak memakai bahasa pengkodean ini. Meskipun tentu saja orang yang menjalankan Photoshop untuk membuat desain situs adalah orang yang sama dengan pengkodean skrip CGI, hal tersebut tidak mungkin sebab disiplin ilmu ini ingin menarik jati diri dan kemampuan yang berbeda.

Sebenarnya, ada banyak pekerjaan lain di bidang web yang tidak membutuhkan pemrograman apa pun, mereka mempunyai judul seperti Desainer, Manajer Program, Arsitek Informasi, Koordinator Konten, dan banyak lainnya. Ini menggembirakan untuk orang yang mungkin diintimidasi oleh kode. Namun, walaupun Anda barangkali tidak akan memulai ke dalam bahasa pengkodean yang rumit, mempunyai pemahaman dasar mengenai HTML dan CSS sangat menolong dalam industri ini – dan bahasa-bahasa itu lumayan mudah untuk memulai dan mengetahui dasar-dasarnya.

Bagaimana dengan uang atau prospek pekerjaan?

Mungkin benar bahwa seorang programmer web bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada seorang web design, dan seorang DBA akan lebih menyenangi keduanya. Secara finansial, web development dan coding sangat digemari dan dengan begitu banyak layanan yang memakai cloud dan integrasi lainnya seperti Google, Facebook, Salesforce, dll. Tidak ada tanda bahwa kebutuhan developer akan berkurang dalam waktu dekat. Itu semua dikatakan, apabila Anda mengerjakan pemrograman web hanya untuk duit dan kita membencinya, Anda mungkin tidak akan mahir dalam hal itu, yang berarti kita tidak akan menghasilkan uang sebanyak seseorang yang benar-benar menyukainya dan paling baik itu. Hal yang sama berlaku untuk mengerjakan pekerjaan desain atau menjadi DBA Web. Benar-benar terdapat sesuatu yang dapat dikatakan untuk menyimpulkan apa yang kita minati dan apa yang hendak kita lakukan. Ya, semakin banyak yang dapat Anda lakukan, semakin besar kemungkinan Anda, namun Anda lebih baik menjadi hebat dalam satu dal daripada biasa-biasa saja di berbagai hal!

Saya sudah bekerja pada kegiatan di mana saya mesti mengerjakan segalanya – desain, kode, dan konten – dan kegiatan lain di mana saya hanya melakukan satu bagian dari persamaan, tetapi saat saya sudah bekerja dengan desainer yang tidak kode, seringkali cara kami berhasil ketika mereka akan datang dengan desain – bagaimana mereka ingin halaman terlihat – dan lantas saya akan bekerja membangun kode (CGI, JSP, atau apa pun itu) untuk membuatnya bekerja. Di website kecil, satu atau dua orang bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan. Di website perusahaan besar dan yang memiliki fungsi khusus substansial, tim yang lebih banyak akan terlibat dalam proyek. Memahami di mana Anda sangat cocok, dan bekerja untuk menjadi yang terbaik di peran itu adalah cara terbaik untuk maju dalam profesi web.

Author: Eli Carter