7 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Web Design Untuk Menjadi Master

Desain web merupakan pengetahuan yang berupa kedalam bentuk seni.

Sementara setengah dari pekerjaan didasarkan pada pengkodean suara dan pengetahuan desain, setengah lainnya selalu didasarkan pada perasaan intuitif yang dimiliki mengenai apa yang tampak bagus dan apa yang tidak. Setiap web designer sesuai dengan garamnya bakal mengembangkan inti mendasar yang powerful untuk menciptakan dirinya menonjol dari anggota lainnya.

Jadi, bagaimanakah kita mengembangkan dasar-dasar ini? Mereka tidak akan muncul hanya semalam. Tentu, tidak ada pengganti untuk pengalaman, namun edukasi yang powerful, baik formal maupun tidak, juga sangat membantu. Sangat dianjurkan untuk terus menantang diri sendiri dan mendorong mendahului batas zona kenyamanan Anda. Itu berarti perbedaan antara berusaha untuk mengejar dan menjaga klien dan benar-benar membuat klien datang mengejar Anda.

Berikut adalah dasar-dasar mutlak yang harus dimiliki oleh semua seorang web design yang baik jika mereka hendak mencapai tingkat yang mahir. Semuanya tidak melibatkan teknis, pengetahuan komputer.

1) Akrab dengan semua proses desain

Perhatikan bagaimana saya menuliskan “seluruh”? Desain web pun dapat tumpang tindih dengan desain grafis, yang menciptakan sekolah desain ini paling dekat. Itu sebabnya merupakan gagasan cerdas untuk setiap web design yang bangga dengan karyanya untuk mempelajari minimal dasar-dasar proses desain secara umum. Yang merangkum prinsip-prinsip berikut:

  • Warna – Warna merupakan jantung dari desain web sebab membantu untuk memutuskan tema dan motif dari masing-masing desain yang efektif. Di samping itu, hal ini juga bermanfaat pada psikologis, di mana warna memengaruhi teknik pengunjung situs menyaksikan pengalaman pemakainya.
  • Flow – Referensi ke gerakan visual pengunjung situs ketika ia merasakan situs web. Flow merangkum pemakaian kedalaman, warna, hierarki, bentuk, dan garis yang tepat. Tools flowe ini mencakup perspektif, jarak, dan arah wajah.
  • Balance dan Proportion – Ini berarti stabilitas visual dan keseimbangan. Dimungkinkan untuk mendapatkan proporsi dengan dua cara: secara simetris dan asimetris. Proporsi seringkali digunakan untuk  menandakan elemen-elemen penting, sehingga menambah arus informasi.
  • Spacing – Spasi lumayan mudah. Ini bersangkutan dengan jarak dari satu unsur ke unsur lainnya. Semua website web dengan empiris pemakai yang spektakuler mempunyai spasi yang baik. Secara umum, ruang mesti lumayan murah untuk elemen untuk bernafas sedangkan masih lumayan sempit untuk meyakinkan keterbacaan yang baik. Ini merupakan tindakan penyeimbangan.

2) Ketahui HTML

Mengetahui HTML datang kedalam pengkodean. Beberapa desainer tampaknya beranggapan bahwa tidak apa-apa untuk tidak mengetahui teknik membuat kode sedangkan yang lain bersikeras bahwa mengetahui teknik membuat kode juga keharusan untuk menjadi design web yang sah. Minimal, desainer yang berpengetahuan luas harus memahami dasar-dasar HTML. Setidaknya begitu!

Karena HTML ialah kerangka dasar seluruh halaman di Web, seorang desainer mesti mempunyai pengetahuan mengenai hal itu. Akibatnya, seorang desainer akan mampu mendesain dengan lebih banyak tujuan dan perhatian terhadap manfaat dari sebelumnya. Jika kita tahu kode dasar, kita dapat menciptakan situs demo yang sudah Anda rancang, kita berada dalam posisi yang lebih baik untuk memasarkan layanan kita daripada desainer lain yang tidak tahu pengkodean, dan Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai ruang lingkup dan batas keterampilan desain Anda.

Sebetulnya tidak hanya HTML, pengetahuan tentang javascript dan CSS pun akan memudahkan kamu dalam pembuatan website secara dinamis, bahkan kamu bisa membuat game kecil-kecilan seperti tembak ikan di dalam websitemu. Sebagai contoh permainannya seperti apa, kamu bisa lihat di situs joker123 yang merupakan agen tembak ikan online nomor 1 di Indonesia bahkan Asia Lho.

3) Memahami poin-poin penting untuk menciptakan salinan pembunuh

Sebagai web design, Anda akan diminta untuk mengerjakan lebih dari sekadar desain, terkadang Anda pun akan diminta untuk membuat salinan situs. Ini khususnya benar jika Anda tidak bekerja dengan copywriter. Pikirkan seperti ini: Seorang desainer yang memiliki kemampuan copywriting yang tak waras jauh lebih menarik untuk klien dan dapat menarik lebih banyak biaya.

Jangan beranggapan bahwa mengetahui teknik menulis duplikat yang efektif adalah sesuatu yang bisa Anda pakai ketika kita merancang website klien. Mengetahui teknik menulis duplikat yang efektif pun sebenarnya adalah aset yang tidak ada duanya dalam hal menjual layanan kita sebagai desainer. Pikirkan alangkah efektifnya email pemasaran Anda saat Anda mempelajari teknik membuat duplikat berbintang.

4) Berkomitmen untuk belajar secara konstan

Ungkapan “Selalu ada yang lebih baik” adalah apa yang harus kita jalani sebagai perancang web. Anda tidak jarang mendapat mempelajari akan hal-hal baru yang dapat mengesankan klien Anda, memperluas kreativitas dan kemampuan Anda dan umumnya menambah hasrat Anda untuk desain.

Satu alasan besar agar terbuka untuk belajar lebih banyak adalah kenyataan bahwa tren baru selalu hadir dalam desain web. Pikirkan saja hal-hal yang telah dirundingkan dalam beberapa tahun terakhir: bergulir paralaks, kemudian desain datar dan sekarang Desain Material. Dalam desain, pembelajaran sedang berlangsung. Kita tidak pernah berhenti belajar, sampai-sampai Anda sering mendapat tren terbaru, yang selalu membuat kita berpengetahuan luas sebagai seorang desainer.

5) Kembangkan beberapa keterampilan bisnis

Banyak web design bekerja lepas pada satu titik atau lainnya dalam karier mereka, jadi lumayan masuk akal jika Anda harus mengembangkan kemampuan bisnis yang sangat penting itu. Anda adalah bisnis untuk diri sendiri, dan layanan yang paling berharga yang kita jual yaitu bakat desain web Anda. Tanpa kemampuan bisnis, kita akan mengalami kendala dalam bidang yang sangat penting dalam menjual diri kita sendiri, mengejar klien, menjaga klien, dan mengerjakan semua ini secara produktif.

Jika kita tahu teknik menjalankan bisnis, Anda akan dapat menciptakan keputusan bersangkutan mengambil klien dan projek dengan lebih banyak kepastian daripada sebelumnya. Anda pun akan belajar tentang kemampuan multi-tugas yang dibutuhkan untuk menyulap menjadi desainer kreatif dengan bakat praktis yang dibutuhkan untuk menghasilkan duit dan terus menghasilkan lebih banyak saat kita tumbuh dalam karir Anda.

6) Kuasai seni menjadi pendengar yang baik

Karena kita bekerja dengan klien menurut apa yang mereka katakan untuk Anda bahwa mereka hendak melakukannya demi keperluan situs web mereka, itu selalu masuk akal bahwa Anda harus menjadi pendengar utama. Mampu memperhatikan dengan baik adalah keterampilan hidup yang bisa Anda pakai di begitu banyak bidang, jadi kenapa tidak menguasainya sebagai seorang web design?

Anda tidak akan pernah menjadi desainer yang berhasil dalam definisi bisnis jika Anda gagal memperhatikan klien Anda, atau menampik untuk memperhatikan mereka. Klien kita akan sering meminta atau memberi tahu kita untuk mengolah desain. Alih-alih putus asa dan tampil tidak profesional yang akan merugikan bisnis kita – belajarlah memperhatikan apa yang mereka inginkan, pertimbangkanlah dan lantas tawarkan masukan dan saran kita sendiri. Jika apa yang diharapkan klien sangat dapat dilakukan, maka seluruhnya menjadi lebih baik. Cukup lakukan dan tunjukkan seberapa perhatian kita terhadap keperluan klien Anda.

7) Jangkau zenith desain web Anda

Dalam trade apa pun, menjangkau puncak profesi Anda adalah apa yang harus kita tuju. Hal tersebut tidak akan datang dalam semalam atau bahkan dalam satu atau dua tahun, namun Anda akhirnya akan sampai di sana dengan tekad dan penambahan diri yang konstan. Jika kita sangat energik tentang kerajinan Anda, Anda akan secara otomatis berpindah ke suasana seperti ini, namun Anda dapat mengerjakan hal-hal untuk mempercepat proses ini.

Pada dasarnya, ini seluruhnya tentang seorang desainer web menjadi berpengetahuan luas dan sempurna. Semakin banyak Anda menggarap hal-hal yang mendahului sekadar desain, maka semakin kita menjadi seorang web design yang jauh lebih baik. Dan ketika itulah kita mulai menjebol ke kedudukan master.

Author: Eli Carter